Pages

Jumat, 27 Juli 2012

BERKENALAN DENGAN PASAR MODAL

Tulisan ini diperuntukan bagi calon investor atau siapa saja yang ingin memutar uangnya di pasar modal, tidak terbatas para pialang yang sering terlihat berdasi atau pengusaha yang bermobil mewah, tetapi bagi anda semua yang punya uang dan ingin tumbuh baik perlahan-lahan maupun secara cepat. Kalau disimpan di bank, misalnya, sudah jelas terukur pertumbuhannya karena baik tabungan maupun deposito memberikan bunga yang tetap setiap tahun atau setiap bulan. Melalui pasar modal bisa dipilih yang pertumbuhannya lambat atau cepat, sesuai dengan preferensi anda. Bagi yang masih mudah biasanya memilih yang tumbuh cepat sesuai dengan karakteristik usia muda yang selalu agresif dan ingin cepat sampai pada tujuan. Sedangkan bagi anda yang usia tua biasanya ingin yang lambat agar mudah diikuti , diawasi, dan dicermati. Baik yang tumbuh pesat maupun lambat masing-masing memiliki konsekuensi atau sebut saja risiko.Walaupun cepat kalau hati-hati dan cermat juga akan selamat, ibarat pembalap yang sudah terbiasa memacu mobil di sirkuit. Sebaliknya walaupun lambat tetapi kalau tidak dicermati alias masa bodoh dengan investasinya, tidak mustahil justru terjerembab ibarat naik mobil tua yang sulit dipacu sehinga jalannya pelan tetapi rem juga blong sehinga dapat saja masuk jurang. Demikian kira-kira gambaran jika anda masuk ke pasar modal.

Pasar modal di Indonesia diatur dan keawasi oleh Pemerintah melalui Bapepam-LK yaitu lembaga eselon satu setingkat Ditjen dibawah Menteri Keuangan. Seperti sektor lainnya, pasar modal diselenggarakan oleh swasta , yaitu bursa efek yang merupakan pasar tempat anda memilih dan membeli instrumen investasi (ada saham, ada obligasi, reksa dana, dan beberapa instrumen turunan). Jangan khawatir melalui blog ini anda akan ketemu satu per satu. Tidak seperti beli kambing di pasar hewan kita dapat memilih dan melihat sendiri kambingnya, pasar modal memiliki prosedur dimana jika anda ingin membeli salah satu instrumen harus melalui perantara yang sudah memperoleh ijin dari Bapepam-LK. Melalui perantara inilah anda dapat membeli dan menjual kembali instrumen yang anda kehendaki. Karena kita tidak dapat melihat fisik saham atau obligasi seperti melihat fisik seekor kambing, maka kita harus memiliki informasi mengenai saham atau obligasi tersebut. Bisa melalui koran, para perantara, atau internet yang khusus menyediakan informasi tersebut. Melalui blog ini kami akan membantu sesederhana mungkin. Kita bersama-sama membaca informasi untuk kemudian anda bisa mengambil keputusan membeli sekarang atau nanti saja. Jadi karena sifat instrumen pasar modal yang demikian tersebut, maka akan lebih baik jika anda tidak sendirian memutuskan membeli saham A atau B, sebaiknya bergabung dengan komunitas lain. Salah satunya melalui blog kami ini. Tidak mudah membaca informasi mengenai saham, karena banyak elemen yang harus diperhatikan, oleh karena itu kami membantu mempermudah anda dalam memahami dan membiasakan diri berinvestasi dalam instrumen pasar modal. Tidak ada yang sulit kalau ada minat dan niat.

Seperti yang telah kami gambarkan pada awal tulisan ini, keuntungan di pasar modal bisa sangat cepat kita peroleh tetapi juga lebah ambat. Karakteristik instrumennya memang demikian tinggal tentu saja anda harus juga memahami bahwa untuk yang ingin cepat harus bersedia juga menangung risikonya. Risiko biasanya kita artikan ketidakpastian yang mungkin terjadi pada kita atau penyimpangan dari apa yang kita inginkan. Dengan demikian bisa saja terjadi atau tidak terjadi. Pada umumnya anda yang berusia muda sangat suka bermain dengan risiko yang relatif tinggi oleh karena itu melalui situs ini mari kita dalami saham-saham yang berisiko tingi tetapi memberikan peluang keuntungan yang juga tinggi. Dan bagi anda yang ingin sedikit santai kamipun siap bersantai untuk mengajak anda memilih instrumen yang relatif kecil risikonya. Atau kalau perlu anda bisa pilih yang zero risk alias tidak berisiko. Pesan indah di pasar modal adalah "jangan belikan semua uang anda pada satu jenis instrumen". Kami yakin anda faham maksudnya.

0 komentar:

Posting Komentar