Pages

Jumat, 27 Juli 2012

MANFAAT INDEKS SAHAM

Angka indeks bukan saja untuk melihat perkembangan/tren suatu saham, tetapi digunakan juga sebagai underlying perdagangan. Anda pasti sudah pernah mendengar transaksi indeks. Bahkan saking serunya, banyak investor yang mengalami kerugian dan berakhir stress. Hal tersebut disebabkan tidak difahaminya hakekat transaksi indeks. Transaksi indeks pada dasarnya sama dengan orang desa yang menjual buah yang masih ada di pohon dengan sistem ijon yaitu pedagang membayar terlebih dahulu kepada petani sebelum buah dapat dipetik. Ada dua kemungkinan yang akan terjadi. Pertama : jika dikemudian hari buah tersebut menjadi banyak dan tumbuh dengan subur, maka pedagang memperoleh keuntungan karena biasanya dia membayar dengan harga yang lebih rendah dibanding jika harus membayar pada saat buah dipanen. Kedua : jika dikemudian hari ternyata buahnya rontok dan tidak tumbuh subur, maka pedagang mengalami kerugian, sedangkan petani (pemilik pohon) memperoleh keuntunga.
Transaksi indeks juga memiliki jangka waktu sebagaimana transaksi ijon di atas. Jika anda memperkirakan indeks akan naik, misalnya 3 bulan yang akan datang, jika hari ini anda membeli dengan harga tertentu maka pad saat indeks jatuh tempo anda akan memperoleh keuntungan.
Sebaliknya jika anda memperkirakan indeks akan turun, sebaiknya anda tidak membeli tetapi menjual dengan harga saat ini sehingga ketika jatuh tempo dan indeks benar-benar turun, anda memperoleh keuntungan. Kemudahan dalam transaksi indeks adalah bahwa anda tidak perlu memiliki indeks terlebih dahulu sebelum anda menjualnya. Ini berbeda dengan saham yang hanya mengijinkan anda untuk menjual jika anda sudah membeli terlebih dahulu (memiliki saham terlebih dahulu). Dalam pasar modal transaksi indeks yang demikian biasanya disebut transaksi futures (kontrak berjangka), sebagai contoh LQ45 Futures yang diperdagangkan oleh Bursa Efek Surabaya. Yaitu instrumen futures pertama di pasar modal Indonesia dengan underlying indeks LQ45.

0 komentar:

Posting Komentar