Pages

Sabtu, 28 Juli 2012

PERLUKAH CUT LOSS?

Menjadi seorang trader kita harus terbiasa melakukan "cut loss". Memang kata-kata tersebut terasa tabu dan berkonotasi negatif., kata tersebut sebaiknya kita ganti sendiri menjadi 'proteksi'.

Karena memang sebenarnya dengan melakukan 'cut loss' kita melakukan proteksi pada portfolio kita sendiri. Kita tidak membiarkan portfolio menyimpan minus, alias 'nyangkut' Setidaknya kita masih mempunyai peluru untuk melakukan trading . Semua trader, baik yang profesional maupun pemula melakukannya, karena pada dasarnya didalam setiap bisnis pun pasti ada kerugian dan tidak selamanya kita mendapatkan keuntungan.

Saya menyadari sekali, masih banyak mengalami kesalahan-kesalahan fatal dalam bertransaksi, saya pun masih perlu untuk belajar. Terutama Mengatasi Emosi dalam melakukan trading, masih harus lebih giat lagi mendalami Technical Analysis dan membuat Trading Plan yang baik dan Konsisten menjalankan Aturan-aturan Trading yang saya buat.

Pernahkah Anda menemukan pengendara mobil yang tidak pernah mengalami kempes ban selama hidupnya. Syangnya, Anda pasti sulit untuk menemukan the luky man seperti itu. Begtu juga dalam perdagangan saham, tidak ada investor yang selalu untung sepanjang hidupnya. Kalaupun dia sukses, pasti kerugiannya lebih sedikit dari keuntungannnya.

Kalaupun sering untung, salah satu strategi andalan mereka adalah cut loss, berani memotong kerugian agar kerugian tidak semakin dalam. Cut loss menjadi startegi efektif saat kondisi pasar sedang tidak karuan atau crash. Atau bisa saja posisi kita sedang melawan tren kuat.

Cut loss merupakan keputusan yang paling berat karena anda harus merealisasikan kerugian. Secara naluriah Anda tidak tega melihat uang terbang begitu saja. Tapi itulah keputusan cepat yang harus Anda ambil agar kerugian bisa diperkecil dan Anda bisa lincah membuka posisi baru.

Forex masih ada 1000 tahun lagi heheheheee...!

1 komentar:

**** Kali Lima **** mengatakan...

Sebagai trader kita bisa menggunakan metoda cutloss ini jika memang posisi floating sudah tidak bisa ditolerir. saya sendiri sekarang menggunakan konsep cutloss ini dalam trading yang saya lakukan di broker octafx jika sedang floating minus yang besar

Posting Komentar